0
Miniatur motor mini dari korek gas


Sesuatu yang bersumberkan "bekas" kadang-kadang kita buang karena sudah tidak digunakan lagi. Namun bagi yang kreatif dan berimajinasi tinggi, tentunya barang bekas tersebut akan bernilai dalam segi Seni dan Finansial (bisnis). Berikut adalah bentuk miniatur motornya. Coba anda perhatikan gambar diatas Keren kan?
Anda mau membuatnya juga??




Klik Untuk melihat gambar yang lain

Klik gambar untuk memperbesar gambar









Minggu, Mei 29, 2011 | 0 comments | Read More

0
Bakso kerikil Magelang


Bakso pada umumnya semangkok atau seporsi baksonya ada berapa mgkin cuma 4 - 5 buah kan? tapi kalo pedagang bakso di daerah taman badaan di magelang, dalam 1 mangkok bisa terdapat hingga 20 bakso di magelang di sebut bakso krikil .

Kalau kita mendengar kata kerikil apa yang terpikir?? Ya pasti batu kecil kecil. Tapi seandainya ada kata bakso kerikil, adakah yang pernah tahu??
Kalau anda kebetulan singgah di kota Magelang, sempatkanlah singgah di Taman Badakan. Taman ini tidak terlalu besar, sering dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk rekreasi putra putrinya bermain di taman.
Di pinggir taman inilah banyak penjaja bakso kerikil. Bakso kerikil dengan mudah dapat kita bedakan dari bentuknya. Namanya saja kerikil, jadi bentuk baksonya pun kecil-kecil menyerupai kerikil. Satu mangkuk bakso isinya hampir penuh . Rasanya tetap enak seperti baso daging sapi kebanyakan. Bisa kita minta menu komplit termasuk tahu, tulang rawan, mie, bihun, sawi. Atau kalau kita mau baksonya aja juga bisa.
Dari sekian banyak penjual bakso kerikil, bakso kerikil Pak Bendot merupakan warung yang paling ramai pengunjungnya. Konon katanya bakso kerikil ini sudah diliput berbagai stasiun televisi nasional, terlihat dari spanduk2 warung dan juga spanduk dari AHM yang menjadi canopy warung ini.

Tertarik??? silakan datang dan menikmati
Minggu, Mei 29, 2011 | 0 comments | Read More

0
2 Pelajar SMAN 10 Malang menciptakan sepeda e-cycle


2 pelajar SMAN 10 Malang saat mendapat medali emas
Berangkat dari hobi dan kepedulian terhadap lingkungan hidup, Yusman Ahmad Nur (15) dan Anisa Naziha (15), siswa-siswi kelas X SMAN 10 Malang-Sampoerna Academy, menciptakan sebuah sepeda sederhana. Kelak, sepeda tersebut diharapkan dapat menjadi kendaraan alternatif pilihan yang efektif.
"Sebentar lagi masyarakat membutuhkan alat transportasi baru tanpa bahan bakar karena bahan bakar sangat terbatas. Kami ingin ikut menyelamatkan lingkungan," kata Yusman, Sabtu (28/5/2011) siang di Jakarta.
"Artinya begini, orang kerja itu banyaknya menggunakan kendaraan bermotor. Selain menimbulkan polusi, bahan bakarnya pun semakin menipis. Kami ingin mengantisipasi itu semua, untuk bisa membuat kendaraan ramah lingkungan dan tidak membuat orang capek," katanya.
Sepeda, yang oleh Yusman dan Annisa diberi nama e-cycle (environment cycle), itu menjadi unik karena menggunakan prinsip dalam jam pegas. Pegas spiral tersebut berfungsi sebagai penyimpan tenaga yang memungkinkan penggunanya menempuh jarak yang sama dengan jumlah kayuhan yang jauh berbeda dengan sepeda kebanyakan.
"Sepeda biasa 1 kilometernya membutuhkan 160 kayuhan, tapi sepeda kami cukup 23 kayuhan sehingga tidak terlalu capek karena sepeda ini keuntungannya 680 persen atau sama dengan tujuh kali lipat lebih ringan. Jadi, orang tetap bisa bekerja maksimal sambil berolahraga," ujarnya.
"Prinsip kerjanya seperti jam weker pegas. Tenaganya disimpan di pegas spiralnya. Setelah kita kayuh beberapa kali, sepeda bisa jalan sendiri. Jika tenaganya habis, kita tambah lagi menggunakan kayuhan. Kami menyiapkan dua sistem gear dan menggunakan pegas spiral," lanjut Yusman.
Lewat karya inovatifnya ini, Yusman dan Anisa dari SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy), Jawa Timur, menggondol medali emas untuk kategori High School (SMA) pada Dreamline 7th International Design Olympiad 2011, 9-10 April, di Ankara, Turki. Walau begitu, meski telah menjuarai beberapa lomba desain teknologi sains pelajar tingkat internasional, sampai saat ini e-cycle belum diberi hak paten.

Sumber
Minggu, Mei 29, 2011 | 0 comments | Read More

0
Bayi bertangan tiga


Bayi ini namanya Liu Junjie dari provinsi Anhui, China, terlahir dengan tiga lengan tahun 2006. Para dokter berhasil membuang lengan ketiganya yang sangat jarang dan berbentuk cukup sempurna. tetapi bayi malang ini membutuhkan terapi fisik yang lama untuk memfungsikan dua lengan sisanya yang tidak memiliki telapak dan susah digerakkan. "Kami berharap berbagi informasi dengan dokter-dokter yang pernah menemukan kasus ini dari seluruh dunia" ujar Chen, kepala departemen ortopedik di Shanghai Children's Medical Center. "Hal ini sangat jarang terjadi dan kami tidak banyak memiliki informasi untuk bertindak.
"
Sabtu, Mei 28, 2011 | 0 comments | Read More

0
Bayi aneh


Tahun 2006, bayi aneh ini terlahir di Charikot, pusat distrik Dolakha, dan menarik perhatian begitu banyak orang yang ingin sekedar melihatnya dan menjadi saksi keanehan ini.
Bayi tak berleher dengan kepala yang hampir seluruhnya tenggelam pada bagian tubuh atasnya dan bola mata yang ukurannya sangat besar seperti mau melompat dari kelopaknya ini terlahir dari pasangan Nir Bahadur Karki dan Suntali Karki di rumah sakit Gaurishnkar di Charikot. Pasangan ini adalah penduduk Birkhot VDC, Dolakha.
Ibu dari bayi ini menginformasikan bahwa bayinya akhirnya meninggal sejam setelah kelahirannya dan diserahkan ke rumah sakit setelah kematiannya. Kabar mengenai bayi ini cepat meluas sehingga ratusan orang memadati rumah sakit itu saat bayi malang ini dibawa. Polisi setempat sampai harus mengendalikan kumpulan massa ini.
Bayi yang dilahirkan dengan berat 2 kg ini dilahirkan pada usia kandungan normal yaotu 9 bulan. Suntali, yang sebelumnya sudah mempunyai dua anak perempuan normal, tidak merasakan keanehan apapun selama kehamilannya. Nir Bahadur, ayahnya, mengatakan bahwa diapun tidak memilili firasat apapun mengenai bayinya dan tegar atas kematian bayinya. "Saya cukup bahagia bahwa tidak terjadi apa-apa atas istri saya" ujarnya.
Ada yang mengatakan bahwa bayi ini mengalami kondisi yang disebut anencephaly, suatu kelainan syaraf dengan susunan otak yang cacat. Bayi seperti ini akan meninggal beberapa hari setelah kelahirannya seperti halnya bayi cyclops. Untuk mencegahnya seorang wanita dianjurkan mengkonsumsi sayuran di awal kehamilannya.
Sabtu, Mei 28, 2011 | 0 comments | Read More

6
Banner tema bendera indonesia untuk blog











Dengan bangganya bendera indonesia bisa berkibar dimana saja. Lewat postingan saya kali ini saya mengajak semua agar cinta indonesia. Bagi anda pengguna blogger maupun blog yang lain bisa menggunakan banner dibawah ini. Dengan banner ini menandakan bahwa anda cinta tanah air. semoga bermanfaat.





Silahkan copy paste text dibawah ini



Silahkan copy paste text dibawah ini

Sabtu, Mei 28, 2011 | 6 comments | Read More

0
Bayi bermata satu


Tahun 2006, bayi ini dilahirkan dengan hanya mempunyai satu mata. Staf medis yang membantunya lahir percaya bahwa kondisi bayi itu disebabkan oleh obat eksperimen anti kanker. Penyebab lainnya ditulis dalam laporan rumah sakit itu adalah bisa juga merupakan hasil dari kelainan kromosom. Bayi perempuan itu didiagnosa mengalami kelainan kromosom yang jarang, yang disebut cyclopia. Dia dilahirkan dengan satu mata di tengah kepala bagian depan, tidak memiliki hidung, dan otaknya berkumpul dalam satu belahan saja. Dengan segala kelainan ini, sungguh suatu mukjizat jika bayi perempuan ini bisa bertahan hidup. Bayi malang ini akhirnya meninggal beberapa hari kemudian.
Sabtu, Mei 28, 2011 | 0 comments | Read More

0
Cara membuat menu drop down


Cara membuat menu drop down. Cara ini memudahkan pengunjung memilih menu yang ada pada blog, Dan juga menu drop down dapat meminimalis tempat sehingga tampilan blog lebih rapi. Misalkan menu software ada converter, audio, video, games, dll. Bila anda masih kurang paham bisa anda lihat dibawah ini.

Cara menerapkanya adalah.
1. Login blog ke menu Edit tata letak
2. Pilih menu tambahkan gadget dan pilih menu HTML/javascript
3. Letakan kode dibawah ini ke menu HTML/java script tadi

<select name="menu"oncange="window.open(this.option[this.selectedIndex].value;">
<option value=0 selected>SOFTWARE</option>
<option value="http://madiuncool.blogspot.com" >CONVERTER</option>
<option value="http://madiuncool.blogspot.com" >AUDIO</option>
<option value="http://madiuncool.blogspot.com" >VIDEO</option>
</select>

Ket:
Warna Merah : Judul menu.
Warna Hijau : Alamat yg dituju / URL
Warna Pink : Nama URL tersebut
Jumat, Mei 27, 2011 | 0 comments | Read More

0
Video soccer freestyler







Sekedar hiburan, soccer freestyler yang sedang ngetrend di kalangan fresstyler bola dimana saja. Bagi anda pecinta bola tapi nggak bisa maen bola nggak ada salahnya mencoba soccer freestyler.
Rabu, Mei 18, 2011 | 0 comments | Read More

0
Pelajar SMA 5 Madiun menciptakan batu bata tahan gempa






Sebagaimana Jepang, Indonesia juga terletak di daerah rawan gempa. Dalam hal ini, bata tahan gempa hasil kreativitas siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Madiun bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meminimalkan dampak gempa pada hunian.

Adalah Nina Milasari dan Cristina Kartika Bintang Dewi, dua pelajar yang membuat formulasi bahan baku pembuatan batu bata yang memiliki sejumlah kelebihan, salah satunya tahan getaran atau gempa.

Batu bata dipilih sebagai obyek penelitian karena merupakan komponen bahan bangunan yang paling dominan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bata sangat mudah diperoleh karena diproduksi para perajin tradisional, terutama Pulau Jawa.

Alasan lain, biaya pembuatan batu bata relatif murah sehingga terjangkau seluruh lapisan pelaku industri dari skala mikro (industri rumah) hingga skala pabrik. Bahan bakunya pun mudah didapat, hanya tanah liat dan air.

Nina mengatakan, bata tahan gempa adalah bata ringan, tetapi memiliki daya tekan tinggi sehingga tidak mudah hancur ketika diterpa guncangan hebat. Untuk menghasilkan bata tahan gempa, diperlukan bahan campuran yang mampu meningkatkan daya tekan. Salah satunya bahan yang memiliki kandungan bahan perekat cukup tinggi.

Setelah melakukan penelitian, Nina dan Christina menemukan bahan campuran yang tepat, yakni abu hasil pembakaran dalam proses produksi gula tebu di pabrik gula. Abu ini biasanya keluar dari cerobong asap pabrik. Warnanya hitam pekat dan memiliki kandungan silika (SiO2) sebesar 71 persen. Silika memiliki daya rekat yang sangat tinggi. Kandungan silika biasanya banyak dijumpai pada semen.

Nina mengatakan, ia dan Christina melakukan beberapa kali uji coba untuk mendapatkan komposisi yang tepat. Penelitian mengerucut pada tiga komposisi. Penambahan abu pada tanah liat masing-masing sebesar 5 persen massa, 10 persen massa, dan 15 persen massa.

Hasil penelitian menunjukkan, 5 persen massa abu yang dicampur dengan 95 persen massa tanah liat akan menghasilkan bata dengan kuat tekan rata-rata (average breakdown pressure) 30.67 kg per sentimeter (cm) persegi. Batu bata yang menggunakan campuran 10 persen massa abu menghasilkan kuat tekan sebesar 28.25 kg per cm persegi. Batu bata yang diproduksi dengan komposisi 15 persen massa abu menghasilkan kuat tekan sebesar 21.28 kg per cm persegi.

Adapun batu bata biasa dengan bahan 100 persen tanah liat memiliki kemampuan menahan tekanan sebesar 24.64 kg per cm persegi. Ukuran bata mengacu pada rata-rata bata komersial, yakni panjang 9,5 cm, lebar 4,5 cm, dan tinggi 2,5 cm.

Ternyata, semakin besar campuran abu, daya rekat batu bata menjadi makin tinggi dan bata yang dihasilkan menjadi lebih ringan. Akan tetapi, bata yang dihasilkan mudah hancur. Sebaliknya, semakin sedikit jumlah abu yang dicampurkan dalam proses pembuatan batu bata, kemampuan rekatnya makin rendah.

Setelah melakukan uji coba berkali-kali, Nina merekomendasikan bata yang paling tahan gempa adalah bata yang diproduksi dengan formulasi 90 persen massa tanah liat ditambah 10 persen massa abu dari cerobong asap pabrik gula. Bata yang dihasilkan memiliki kuat tekan 28.25 kg per cm persegi atau lebih besar dari bata biasa yang besarnya 24.64 kg per cm persegi. Bata ini ringan sekaligus memiliki daya rekat tinggi sehingga tidak mudah hancur.

Awalnya, pengujian kuat tekan bata dilakukan secara manual dengan memberikan tekanan pada tumpukan batu bata. Untuk mengukuhkan hasil penelitian dan mendapatkan hasil yang akurat, Nina melakukan uji kuat tekan di Laboratorium Beton dan Bahan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.


Penghargaan internasional

Batu bata tahan gempa buatan siswa SMAN 5 Kota Madiun adalah hasil penelitian karya ilmiah bertajuk ”Menyulap Bom Waktu Pabrik Gula Berupa Abu Cerobong Asap Sebagai Batu Bata Tahan Gempa”. Karya ilmiah ini memenangi kompetisi Internasional Environmental Project Olympiad kategori fisika lingkungan di Istanbul, Turki, tahun 2010.

Di dalam negeri, bata tahan gempa hasil inovasi Nina dan Christina berhasil menyabet kejuaraan mulai dari kompetisi Teknologi Tepat Guna tingkat Kabupaten Madiun hingga ke Lomba Karya Ilmiah tingkat SMA/sederajat seluruh Indonesia di Universitas Brawijaya Malang. Keunggulan karya ilmiah siswa SMAN 5 Madiun ini antara lain terletak pada idenya yang baru dan orisinal serta dapat dibuktikan secara ilmiah.

Lebih dari itu, batu bata tahan gempa mampu menjadi solusi sejumlah masalah, antara lain untuk meminimalkan kerusakan bangunan akibat gempa, menangani masalah limbah pabrik gula secara tuntas, bahkan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Sebagai gambaran, data tahun 2007 di Pabrik Gula (PG) Pagotan, Madiun, setiap 5 juta kuintal tebu menghasilkan 350.000 kuintal abu.

Oleh pabrik gula, abu ini merupakan limbah yang harus dibuang. Untuk membuang, PG Pagotan melakukan tender dengan biaya yang cukup besar untuk membuangnya sehingga menambah komponen biaya produksi gula. Biasanya limbah abu ini digunakan sebagai tanah urug.

Yang tidak kalah menarik, bata tahan gempa ini mampu meningkatkan nilai keekonomian pelaku usaha karena menghasilkan bata dengan tekstur lebih halus. Selain itu, bata tahan gempa mampu menghemat biaya produksi sehingga meningkatkan keuntungan pengusaha. Sebagai gambaran, untuk menghasilkan 1.000 bata biasa diperlukan biaya sebesar Rp 172.000, sedangkan untuk menghasilkan 1.000 bata tahan gempa hanya perlu biaya Rp 160.000. [Runik Sri Astuti]

KOMPAS | 27 April 2011.

Rabu, Mei 18, 2011 | 0 comments | Read More

1
Software cara agar muncul lirik pada windows media player / winamp dengan minilirik V.6.1


Pernahkah anda bingung menyanyikan lagu tapi nggak tau liriknya. gampang kok tinggal anda download aja download disini
trus instal. nah dalam menginstala kasih tanda centang pada kotak yang ada sesuai jenis media yang anda gunakan misalnya windows media player beri tanda centang. Misalnya saya pake windows media player centang windows media player seperti pada gambar dibawah ini.


kemudian tinggal next aja.
bila sudah pasti mucul gambar seperti dibawah ini

pasword key: Name : Maniac Download
Key : X2C4J9V4NAA381C948

semoga bermanfaat ya...
Rabu, Mei 04, 2011 | 1 comments | Read More

 
Copyright 2013 by Info Terbaru | Madiun Cool Blog Powered by Blogger